Trik Trading Saham Untuk Pemula Agar Bisa Profit

Dalam mendapat maupun menambah aset keuangan atau finansial setiap orang mempunyai caranya tersendiri. Kini mempunyai instrumen investasi menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan selain bekerja atau membuka usaha. Dari berbagai jenis instrumen investasi, saham merupakan salah satu yang banyak dipilih masyarakat.

Dahulu trading saham merupakan hal yang hanya bisa dilakukan oleh segelintir kalangan saja. Namun dengan perkembangan teknologi yang kian pesat membuat investasi saham bisa dilakukan kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun sehingga bisa menyentuh banyak kalangan.

Untuk seorang investor pemula dengan modal yang tidak terlalu besar bisa melakukan trading saham harian. Sebab jenis trading saham ini bisa memberikan keuntungan yang lumayan dalam waktu yang relatif singkat.

Meski begitu untuk memulainya Anda dituntut mempunyai pengetahuan yang cukup dalam dunia trading saham. Sebab sudah banyak trader pemula yang terjebak dalam saham gorengan yang membuat mereka justru merugi.

Tips Trading Saham Untuk Memaksimalkan Keuntungan

Bila Anda ingin memulai trading saham dengan periode harian sebagai investor pemula maka jangan sampai melakukan trading saham dengan sembarangan. Jangan sampai modal awal yang kita miliki justru habis dengan sia-sia tanpa membuahkan hasil atau keuntungan nantinya.

Untuk mengantisipasinya ada beberapa tips trading saham harian yang bisa Anda lakukan ketika berinvestasi pada instrumen ini. Terlebih lagi bila Anda masih pemula dan minim pengalaman, untuk itu berikut beberapa tips trading saham yang bisa Anda terapkan :

  1. Pastikan aplikasi yang digunakan legal dan terpercaya
Baca Juga:  Bantuan UKT Rp 2,4 Juta Kemendikbud Ristek

Semakin meningkatnya minat masyarakat akan trading saham membuat banyak perusahaan meluncurkan aplikasi tradingnya. Namun kita juga harus waspada sebab tentunya akan ada banyak oknum yang memanfaatkan situasi ini untuk meraih keuntungan dengan mengatasnamakan aplikasi trading saham.

Salah satu cara untuk menangkalnya adalah kita jangan mudah tergiur dengan berbagai aplikasi trading yang menawarkan keuntungan yang tidak realistis atau masuk akal. Menggunakan aplikasi trading terpercaya merupakan hal wajib bagi seorang trader atau investor baik pemula maupun tingkat lanjut. Beberapa aplikasi trading saham yang legal dan terdaftar di OJK dan bisa Anda gunakan yaitu :

  • RTI Business.
  • Mirae Asset.
  • Trading Saham Most Mobile.
  • BNI Sekuritas.
  • MNC Trader New.
  1. Tentukan jenis saham yang sesuai

Setelah kita menentukan platform trading saham maka selanjutnya kita harus memilih jenis saham yang paling sesuai untuk kita. Pilihlah yang paling sesuai dengan kondisi finansial dan kemampuan Anda, secara umum aset saham dibagi menjadi :

  • Saham Likuiditas

Jenis saham yang volume transaksinya tinggi, disini Anda bisa bertransaksi dengan jumlah yang besar pula. Harga saham pada jenis ini perubahan harganya tidaklah terlalu signifikan.

  • Saham Volatilitas
Baca Juga:  Trik Trading Quotex Yang Perlu Diketahui, Khususnya Bagi Pemula

Jenis saham ini merupakan aset saham yang transaksi baik beli maupun jualnya bisa dilakukan di satu hari yang sama. Karenanya pergerakan harga pada jenis ini relatif lebih cepat dan Anda harus bisa memahami pergerakan harga tersebut.

Disarankan untuk memilih saham yang pergerakannya sekitar 3% atau lebih setiap harinya dan pastikan nilai tersebut konsisten. Atau secara sederhananya pilih saham yang nilai betanya lebih dari +1 untuk dimainkan.

  1. Sabarlah dalam melakukan transaksi

Meskipun jenis trading saham harian bisa memberikan keuntungan dalam waktu relatif singkat, namun hal ini tidak bisa dilakukan secara instan terlebih untuk seorang pemula. Sebab kita sangat mungkin bingung menentukan jenis saham yang akan dipilih, salah dalam melakukan pembelian hingga potensi kerugian yang akan selalu ada.

Bila hal tersebut terjadi pada Anda maka pastikan hal tersebut untuk dijadikan pengalaman dan pembelajaran. Butuh kesabaran dalam dunia trading saham harian agar bisa mendapatkan keuntungan.

  1. Gunakan modal kecil ketika memulainya

Dalam dunia trading saham mungkin Anda akan sering mendapatkan penawaran yang menggiurkan, namun sebaiknya Anda perlu waspada. Jangan sampai menggunakan modal yang cukup besar terlebih bila Anda masih seorang pemula. Sebab dibalik keuntungan tersebut juga menyimpan resiko dengan tingkat yang sama.

Baca Juga:  Robot Trading Janjikan Profit Konsisten Otomatis, Benarkah?

Memulainya dengan modal kecil merupakan langkah aman bagi seorang trader pemula. Meskipun keuntungan yang didapat tidaklah signifikan, namun teruslah lakukan. Barulah ketika kondisi finansial dan kemampuan sudah mumpuni mulailah tambah modal Anda.

  1. Latihlah kemampuan analisa Anda

Sebelum melakukan transaksi dalam trading saham, wajib hukumnya melakukan analisa mendalam terhadap saham tersebut. Pastikan Anda bisa menganalisa saham mulai dari fluktuasi harganya, kapan sebaiknya melakukan pembelian dan berbagai perhitungan lainnya. Jangan ragu untuk belajar dari mereka yang lebih ahli melalui berbagai platform.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan ketika ingin mulai berinvestasi pada trading saham. Meskipun bisa mendatangkan keuntungan dalam waktu relatif singkat namun semua itu membutuhkan proses dan banyak yang harus Anda pelajari. Karenanya bersabarlah dan teruslah belajar agar bisa menjadi seorang yang sukses dalam trading saham.