Sangat Mudah dan Menjanjikan, Berikut Keuntungan Investasi Emas dan Tips untuk Pemula

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi namun masih belum mengetahui dalam bentuk apa, investasi emas dapat menjadi solusi yang tepat. Hal tersebut dikarenakan investasi emas ini adalah investasi yang paling sederhana dan menguntungkan. Terlebih lagi, di tengah masa pandemi covid 19 investasi emas tengah populer dan banyak diminati.

Selain diminati sebagai perhiasan, emas adalah barang yang memiliki nilai harga semakin naik dan jarang mengalami penurunan. Masa pendemi covid19 telah menjadi salah satu bukti, eksistensi kuat peningkatan signifikan dari harga emas di pasaran. Hal tersebutlah yang menjadi emasi menjadi bahan untuk investasi di masa depan.

Investasi emas ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki tujuan menengah atau jangka panjang. Kebutuhan seperti pendidikan ataupun membeli rumah, investasi emas menjadi solusi yang paling tepat. Emas memberikan keunggulan, yaitu imbal hasil yang cukup menjanjikan minimal dalam jangka waktu lima tahun, mudah mencairkannya, dan harganya cenderung naik.

Emas yang biasanya beredar di pasaran berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Perbedaan harga keduanya tak terlalu jauh (emas UBS sedikit lebih rendah) dan kadar emangnya pun sama yaitu 99,99%. Hanya saja, emas Antam bersertifikat internasional dan diakui oleh London Bullion Market Association sedangkan emas UBS bersertifikat nasional dari PT UBS. Adapun harga buyback kurang lebih hampir sama.

Baca Juga:  Begini Cara Daftar KJP Plus Untuk Mendapatkan Bantuan Biaya Pendidikan

Keuntungan Menjanjikan dari Investasi Emas

Emas adalah salah satu instrumen favorit dalam investasi. Manfaat yang diperoleh pemilik investasi emas sangatlah banyak. Dikutip dari pluang.com dan icdx.co.id, keuntungan yang didapat dari investasi emas adalah sebagai berikut.

  1. Harga Cenderung Stabil

Berbeda dengan saham yang harganya fluktuatif. Emas dikenal sebagai instrumen yang memiliki harga yang cenderung stabil. Selain itu emas memiliki risiko lebih rendah, keamanan ketat, bahkan keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar dibandingkan instrumen lainnya.

 

  1. Dapat Terhindar dari Inflasi

Inflasi menjadi salah satu penyebab sebuah aset mengalami penurunan. Akan tetapi, apabila Anda berinvestasi menggunakan emas maka keadaan Anda dapat dikatakan aman. Hal tersebut dikarenakan emas termasuk aset aman yang dapat melindungi investor dari inflasi.

 

  1. Dapat Menjadi Jaminan Pengajuan Pinjaman

Seseorang yang memiliki aset berupa emas dapat dipermudah untuk mendapatkan pengajuan pinjman. Tidak heran apabila seseorang bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman dalam satu hari saja, dengan catatan nilai emas yang dimiliki besar.

 

Selain itu, tingkat bunga pinjaman dengan jaminan emas relatif lebih rendah dari pada pinjaman umum lainnya.

 

  1. Dapat Diwariskan

Banyak orang yang memutuskan berinvestasi dengan emas karena mudah untuk diwariskan ke generasi selanjutnya. Manfaat inilah yang membuat banyak orang akhirnya memutuskan berinvestasi dengan emas.

Baca Juga:  Cara download Apk kamera Tembus Pandang Pada Android

 

  1. Mudah Dicairkan

Berinvestasi dengan emas, memudahkan pemiliknya untuk mencairkannya sewaktu-waktu. Hal tersebut dikarenakan sekarang ini tempat jual beli emas telah menjamur, sehingga pemiliki dapat dengan mudah menjual emas ke toko-toko yang menyediakan jual beli emas.

 

  1. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Modal yang dibutuhkan untuk melakukan investasi emas relatif lebih terjangkau dibandingan instrumen investasi lainnya. Apabila Anda tertarik untuk berinvestasi dengan menggunakan emas, Anda dapat langsung mendatangi toko emas dan membeli perihiasan seseuai dengan budget. Selain itu, Anda daat pula membelinya di index komoditi atau bursa berjangka.

 

Anda tidak perlu membeli emas berpuluh-puluh gram, karena cukup dengan satu gram saja Anda bisa berinvestasi dengan emas tersebut.

Tips Mudah Investasi Emas bagi Pemula

  1. Memiliki Tujuan Pasti Berinvestasi Emas

Langkah pertama adalah dengan memastikan tujuan Anda melakukan investasi emas. Adapun tujuan yang biasa dijadikan target berinvestasi emas yaitu seperti menikah, pendidikan, ataupun berinvestasi untuk hari tua.

 

Contohnya, Anda berencana dalam waktu kurun 15 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari gaji Anda sebagian disisihkan dan diinvestasikan di emas. Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka Anda akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya.

Baca Juga:  Definisi Investasi: Jenis, Manfaat, serta Risiko dalam Pelaksanaannya

 

  1. Memantau Perkembangan Harga Emas

Tips selanjutnya yaitu memantau perkembangan harga emas secara berkala. Dengan kemudahan teknlogi digital saat ini, sangat mungkin memantau perkembangan harga emas dengan mudah. Adapun perkembangan harga emas dapat dilihat dari berbagai situs-situs tertentu di internet setiap harinya. Selain itu, ada pula aplikasi yang menyediakan perkembangan harga emas.

 

  1. Membeli Emas di Tempat Terpercaya

Ketiga, pastikan Anda membeli emas di tempat yang telah terpercaya dan memiliki keamanan yang terjamin. Belilah di tempat yang menjual emas secara resmi dengan dibuktikan surat-surat serta sertifikat resmi.

 

Salah satu tempat yang direkomendasikan dan termasuk cara investasi emas adalah membelinya di PT ANTAM. Anda bisa membelinya langsung di gerai penjualan emas di kantor PT ANTAM atau situs-situs e-commerce yang memang menjual emas dari PT ANTAM secara resmi.

Demikian ulasan singkat mengenai Keuntungan Investasi Emas dan Tips Mudahnya Bagi Pemula. Pastikan Anda membeli di tempat-tempat resmi untuk mendapatkan keaslian dari emas yang ingin diinvestasikan. Semoga membantu.