Prosedur Tata Cara Klaim Rawat Inap Asuransi Prudential 2022

Tata cara klaim rawat inap pada asuransi prudenstial, pada umumnya bertujuan memberikan manfaat berdasarkan ketentuan yang terdapat pada polis asuransi yang Anda ikuti. Agar klaim asuransi tersebut bisa segera diproses, maka Anda harus memperhatikan apa saja ketentuan yang paling penting tentang pengajuan klaim asuransi ini.

Namun sebelum Anda mengajukan klaim asuransi, lebih baiknya Anda pastikan dahulu untuk memiliki manfaat berdasarkan apa yang sudah tercatat pada polis asuransi Anda. Kemudian Anda juga harus memastikan di mana polis Anda dalam posisi aktif atau inforce.

Jika polis Anda tersebut pernah mengalami yang namanya lapse, maka Anda harus segera memastikan saat mengajukan klaim asuransi tersebut agar status dari polis Anda tersebut tidak sedang dalam masa tunggu ataupun mengalami masalah-masalah tertentu.

Apa Saja Manfaat Asuransi Prudential?

Bagi yang belum bergabung atau membeli polis asuransi prudential, sebaiknya Anda ketahui dahulu manfaat yang dapat Anda manfaatkan dengan mengikuti asuransi ini. Namun tidak hanya dari manfaatnya saja, akan tetapi juga harus mempertimbangkan benefit dan kekurangan asuransi prudential terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan Anda.

  1. Perlindungan Asuransi Jiwa Sampai Berusia 99 Tahun

Dengan mengikuti asuransi prudential, Anda akan menerima proteksi asuransi jiwa sampai berusia 99 tahun. Dengan perlindungan kesehatan sampai berusia 75 tahun, proteksi kecelakaan kepada tertanggung dan lain sebagainya.

  1. Anda Dapat Menunda Pembayaran Premi Untuk Asuransi Syariah
Baca Juga:  Bantuan Modal Kerja Bisnis dan Usaha Kecil Menengah 2022

Jika Anda memilih asuransi syariah dari Prudential, maka manfaat yang bisa Anda dapatkan ialah Anda dapat menunda pembayaran untuk premi asuransi selama beberapa waktu. Sehingga hal tersebut tentu saja tanpa tambahan biaya ganti untuk periode premi asuransi yang sudah terlewatkan.

  1. Bebas Premi Bagi Nasabah Tertentu

Apabila nasabah Prudential mengalami penyakit kritis atau kegagalan, maka pihak asuransi akan menanggung besarnya biaya yang dibutuhkan sampai berusia 65 tahun. Ini juga bisa didapatkan sesuai dengan pilihan yang sudah tersedia.

  1. Penggandaan Uang Tanggungan

Apabila Anda meninggal dunia, kecelakaan kerja, mengalami luka bakar, cacat total, trauma di kepala, patah tulang dan lain sebagainya. Sehingga pihak prudensial akan segera menggandakan uang tanggungan pada nasabah.

Apa Saja Persyaratan Klaim Asuransi Prudential?

Namun sebelum Anda melakukan klaim rawat inap untuk asuransi prudential, berikut ada beberapa persyaratan klaim asuransi yang wajib Anda pertimbangkan.

Untuk persyaratan cara klaim rawat inap asuransi Prudential adalah dengan cara mengisi formulir berupa klaim PRUmed dan sudah ditandatangani oleh pemegang polis, kemudian Anda fotokopi semua hasil dari pemeriksaan laboratorium serta laporan atas pemeriksaan radiologi apabila ada, Anda juga harus menyiapkan surat keterangan dari dokter yang sudah diisi dengan jelas dan lengkap oleh dokter yang bersangkutan, dan terakhir kuitansi asli serta rinciannya atau fotokopi kuitansi yang sudah di legalisir oleh Rumah Sakit terkait.

Baca Juga:  Begini Cara Daftar KJP Plus Untuk Mendapatkan Bantuan Biaya Pendidikan

Prosedur Cara Klaim Rawat Inap Asuransi Prudential

Apabila Anda ingin melakukan klaim rawat inap di asuransi Prudential, maka ada prosedur tata cara klaim rawat inap asuransi Prudential yang harus Anda dilakukan adalah sebagai berikut ini :

  1. Pertama-tama pastikan terlebih dulu untuk menghubungi pihak Pelayanan Medis hingga 24 jam dari PRU Hospital & Surgical 75 dilakukan sebelum Anda rawat inap, maupun sesudah rawat inap bila keadaan sedang darurat.
  2. Melakukan klarifikasi atas ketertanggungan diri pemegang polis biasanya akan dilakukan pihak petugas dari Pelayanan Medis 24 jam, mencakup : Nama pemegang kartu/pemegang polis, nomor telepon, nomor polis, tanggal lahir, kemudian nama dokter dan rumah sakit yang dituju (apabila ada), surat rujukan oleh dokter, dan gejala/kondisi kesehatan yang akan dihadapi sampai membutuhkan rawat inap.
  3. Berikutnya petugas dari Pelayanan Medis 24 jam bisa memberikan informasi atau referensi tentang Rumah Sakit rekanan atau provider. Kemudian Anda juga bisa nemilih Rumah Sakit mana yang sesuai dengan keinginan asalkan sudah masuk pada daftar provider atau rekanan asuransi Prudential. Kemudian dari pihak Pelayanan Medis 24 jam juga akan memberikan kelengkapan saran medis yang sesuai dengan kebutuhan.
  4. Sesudah tiba di RS rekanan tujuan, sesegera mungkin Anda menunjukkan kartu polis atau kartu tertanggung polis Anda ke petugas administrasi di rumah sakit.
  5. Ketika perawatan, maka Anda akan memenuhi ketentuan beserta batas maksimal dari manfaat sesuai yang terdapat pada polis asuransi. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dengan berapa besar biaya perawatan Rumah Sakit.
Baca Juga:  Bantuan UMKM Tahap 2, Ini Kriteria Penerimanya

Karena biaya-biaya peraatan tersebut sudah dijamin secara langsung oleh perusahaan asuransi Prudential. Jika terdapat selisih yang melebihi limit maksimal dari manfaat yang terdapat pada polis, khususnya saat Anda melakukan rawat inap pada ruang kamar di mana biayanya melewati batas manfaat dari salah satu polis tersebut, namun biasanya selisih biaya tersebut langsung diinformasikan langsung pada Anda. Sehingga apapun selisih biaya ini wajib  Anda bayarkan ke RS terkait sebelum meninggalkan RS tersebut.

  1. Adapun daftar provider atau rekanan RS prudential sendiri bisa berubah-ubah. Oleh karena itu, untuk Anda bisa mengetahui mana saja provider atau rekanan dari prudential bisa menghubungi pihak pelayanan medis 24 jam.