Pentingnya Digital Market Di Era Teknologi

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen di era digitalisasi, para pelaku usaha kini mulai menggunakan pemasaran dengan cara digital. Metode baru ini disebut dengan digital marketing yang bertujuan untuk memasarkan, meningkatkan, mem`bangun hingga mempertahankan reputasi suatu bisnis atau brand tertentu.

Peran Digital Market Dalam Dunia Bisnis

Kini hampir semua orang menggunakan layanan internet dalam melakukan kegiatan apapun.  Hal ini dikarenakan berbagai kemudahan yang ditawarkan bagi para pengguna internet. Ini dibuktikan dengan jumlah pengguna internet yang semakin meningkat dalam setiap harinya.

Oleh sebab itu orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berselancar di dunia internet, seperti melakukan kegiatan jual beli yang juga dilakukan secara online.

Sejak saat itulah digital marketing ikut berperan dalam membantu mengembangkan para pebisnis. Dengan menggunakan digital marketing dapat menjangkau lebih banyak audiens dari pada secara konvensional.

Selain keunggulan di atas dengan menggunakan digital marketing juga dapat menghemat pengeluaran. Seorang pebisnis atau pelaku usaha tidak harus mengeluarkan yang banyak ketika hendak melakukan promosi.

4 Strategi Digital Marketing

Setelah mengetahui beberapa keunggulan peran digital market di era teknologi. Untuk memulai, Anda dapat menggunakan 5 strategi digital marketing berikut ini.

1. Media Sosial

Digital Information World menyatakan bahwa pengguna media sosial dalam satu harinya bisa menghabiskan waktu selama 3 jam untuk mendapatkan informasi dari internet, seperti media sosial. Dan salah satu strategi pemasaran bisnis yang paling baik adalah dengan melalui media sosial.

Baca Juga:  Perkembangan Teknologi NFT di Indonesia Beserta Keunggulannya

Terdapat beberapa platform media sosial yang dapat Anda manfaatkan, seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan juga platform yang lainnya. Anda bisa memilih atau bahkan bisa menggunakan semuanya untuk melakukan pemasaran.

Beberapa manfaat promosi dengan menggunakan media sosial yaitu :

  • Berfungsi sebagai tempat untuk mengenalkan bisnis, baik melalui foto, video atau pun perihal diskon, event, promo, atau bahkan jam kerja, bahkan hingga sharing sessions yang bisa Anda lakukan dengan melalui media sosial.
  • Sebagai wadah untuk berkomunikasi secara langsung dengan para calon konsumen, seperti melalui komentar, melalui direct message, ataupun melalui chatting.

2. Influencer

Metode ini lebih dikenal dengan kata ‘Influencer Marketing’. Strategi ini merupakan salah satu strategi yang dianggap strategi pemasaran yang tidak kalah efektif bagi Anda pemilik bisnis atau usaha.

Sedangkan influencer sendiri merupakan mereka yang memiliki banyak follower dan dipercaya atau bisa menjadi panutan bagi para follower mereka. sehingga produk atau jasa yang dikenalkan oleh para influencer tersebut dapat mempengaruhi para followe untuk mencoba atau bahkan membeli produk atau jasa tersebut.

Baca Juga:  Tutorial Sadap WhatsApp melalui web.whatsapp.com

Influencer ini biasanya adalah seorang aris, blogger, youtuber, atau pun selebgram. Namun, sebelum Anda menggunakan influencer, Anda harus mengetahui macam-macam influencer, antara lain :

  • Micro influencer
  • Makro influencer
  • Mega influencer

3. Affiliate Marketing

Strategi digital marketing di era digital yang paling banyak digunakan dewasa ini adalah affiliate marketing. Affiliate marketing merupakan program mempromosikan suatu produk atau jasa melalui partner tertentu untuk membantu strategi pemasaran sehingga menjadi impactful.

Dengan strategi affiliate marketing ini tidak hanya menguntungkan bagi pemilik bisnis, melainkan juga memberi keuntungan bagi para partner yang bekerja sama atau affiliate. Bagi para pemilik bisnis menggunakan affiliate marketing ini kan memudahkan produk atau jasanya untuk lebih banyak dikenal.

Berikut adalah strategi pemasaran yang dapat Anda praktekkan untuk bisnis Anda, maka Anda dapat melakukan 3 hal berikut ini.

  • Langkah yang pertama adalah dengan menentukan target konsumen yang sesuai
  • Mencari tahu strategi pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor
  • Lalu memilih channel marketing yang tepat

4. Blogger dan SEO

Para pengguna internet untuk mendapatkan informasi seringkali dengan cara mengunjungi blogger. Hal ini dikarenakan dengan mengunjungi blog pengguna akan mendapatkan informasi yang lebih relevan dengan bisnis Anda.

Baca Juga:  Memaksimalkan Pengelolaan Bahan Pangan Dengan Food Preparation

Dengan blog menjadi salah satu cara yang dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi konsumen agar para pengguna internet terbaik untuk pengguna produk atau jasa Anda.

Sedangkan Seo atau Search Engine Optimization merupakan optimalisasi website untuk mesin pencarian yang berfungsi untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian secara organik.

Sedangkan SEO sendiri memerlukan effort yang lebih besar ketika melakukan optimasi. Hal ini dikarenakan tingkat persaingan yang sulit dan juga cukup kompetitif. Dengan menggunakan blog atau SEO tentu dapat membantu usaha yang Anda miliki untuk mendapatkan reputasi yang bagus dan juga mudah ditemukan dengan cara online.

Jadi, peran digital market di era digital ini tentu sangat berpengaruh bagi usaha atau bisnis yang tengah Anda kembangkan atau bahkan mulai Anda rilis. Karena di era modern ini hampir semua kegiatan dapat dilakukan dengan dalam satu genggaman.