Pengetahuan umum Trading Saham

Trading saham perlu dipelajari bagi anda yang ingin terjun di bidang ini. Beberapa informasi ini mungkin bermanfaat untuk menambah referensi. Bagi yang belum mengetahui, trading saham bisa diartikan sebagai transaksi jual beli saham jangka pendek, tujuanya jelas, untuk meraup profit besar.

 

Supaya berhasil, Anda harus menguasai berbagai hal terkait trading saham, mulai dari analisa teknikal, fundamental dan mempelajari berbagai hal terkait trading saham. Sehingga dapat raup untung dan mengurangi risiko kerugian, mengingat trading saham berisiko tinggi. Tapi sebelum memulai, pemula bisa mencoba 5 tips belajar trading saham berikut ini.

 

1. Perbanyak Referensi

 

Tips pertama belajar trading saham, perbanyaklah referensi terkait. Anda bisa gali informasi seluasnya mengenai trading saham lewat berbagai media, seperti buku trading, internet atau kalau memungkinkan, belajar langsung dari pelaku trading saham sukses, ini lebih bagus lagi. Pelajari cara para trader saat mereka memulai trading saham dan terapkan untuk kondisi anda sekarang.

 

2. Tentukan Dana Trading Saham

 

Saat Anda akan mencoba trading saham, sebelumnya penting untuk menentukan dana atau modal. Bagi pemula, sebaiknya gunakan dana kecil lebih dulu, hitung hitung untuk latihan. Jangan ujug ukug investasi trading saham dengan modal sebelum anda benar benar menguasai ilmunya.

Baca Juga:  Bantuan Pendidikan Rp 4,4 Juta Rupiah

 

Beberapa trader menyarankan, agar tidak menginvestasikan lebih dari 10 % portofolio ke saham individu, ini akan menyebabkan tabungan tidak sehat.  Gunakan modal sewajarnya saja di awal, supaya jika mengalami rugi tidak terlalu besar.

 

Disarankan juga tidak menggunakan dana kebutuhan sehari-hari untuk trading saham. Alasanya tentu saja karena tidak ada yang aman dalam perdagangan saham, bahkan bagi profesional tidak akan berjudi dengan menaruhkan uangnya sepenuhnya untuk trading saham tanpa berhitung.

 

3. Pilih Broker yang Tepat

 

Setelah anda menentukan besaran dana yang digunakan untuk trading saham, berikutnya anda dapat memilih broker untuk mitra trading saham anda. Pilihlah broker yang tepat sesuai kebutuhan trading anda, dan pastinya memilih yang berkualitas.

 

4. Pelajari Saham yang akan dijual belikan

 

Kini anda telah memilih broker trading saham. Sekarang waktunya anda menentukan saham yang akan dijual belikan. Pastikan anda gunakan sejumlah rasio analisa keuangan untuk membandingkan kinerja perusahaan dengan pesaing, ini dilakukan jika anda memilih berinvestasi di saham individu.

Investasi di saham individu perlu keteltian ekstra. Disarankan menerapkan analisa komparatif eksensif untuk banru memastikan saham paling baik ke dalam portofolio anda.

 

5. Tentukan Jenis Trading yang Tepat

 

Baca Juga:  Begini Cara Daftar KJP Plus Untuk Mendapatkan Bantuan Biaya Pendidikan

Anda harus memilih dan menentukan jenis trading saham yang tepat untuk kebutuhan. Sebab hal ini sama saja dengan memetakan jalan guna mencapai tujuan keuntungan trading anda. Untuk diketahui, ada dua jenis perdagangan saham yang utama, yakni perdagangan harian dan perdaganyan aktif.

 

Perdagangan aktif yaitu, trading yang diterapkan oleh investor 10 atau lebih perdagangan pada tiap bulanya. Lazimnya para trader mengaplikasikan teknik bergantung pada settings waktu pasar. Mereka berupaya memanfaatkan momen peristiwa jangka pendek guna meraup profit untuk periode beberapa bulan atau minggu kedepan.

 

Sementara itu, yang dimaksud perdagangan harian ialah dimana stratwgi investor trading saham dengan cara beli, jual dan menutup posisi dari saham sama pada periode satu hari trading tunggal.  Adapun strategi ini dimaksudkan untuk hasilkan keuntungan dalam hitungan menit, jam, hari berikutnya mengacu pada fluktuasi nilai harga saham harian.

 

Contoh Broker trading Saham Terbaik di Indonesia

 

Berikut beberapa contoh broker trading saham terbaik dan legal di Indonesia :

 

  1. MNC Sekuritas, bagian dari PT MNX Kapital Indonedia Tbk. Disini anda dapat trasing saham sebab sediakan fifur trailing order bermanfaat untuk jual beli saham.

 

  1. Mandiri Sekuritas, sempat menyandang sebagai broker sahamterbaik versi Bursa Efek Indonesia, jadi anda tidak perlu ragu memilih broker ini.
Baca Juga:  Game Penghasil Cuan Nambah Saldo DANA

 

  1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia, umurnya sudah cukup tua, yakni berdiri ssmejak tahun 1994. Pengalaman sebagai broker saham sudah sangat terpercaya.

 

  1. BNI Sekuritas, anda dapat memilih brokee ini, karena kredibel dan salah satu yang terbaik. Trading saham BNI Sekuritas tersedia dalam tiga sistem, mobile dekstop, dan web based. Tersedia tiga rekening saham yaitu syariah, reguler, dan margin.

 

  1. Indo Premier Sekuritas, salah satu broker trading saham terbaik dengan admin atau biaya daftar cuma Rp.100 ribuan dan masih banyak keuggulan lain, diantaranya sudah didukung

artificial intelligence (AI), nyaman untuk trading saham.

 

  1. Broker Trading Saham Terbaik lainnya

 

Selain daftar diatas, masih banyak lagi broker trading saham terbaik lainya yang dapat anda pilih. Seperti Phillip Sekuritas Indonesia, Stockbit, BCA Sekuritas,  PT Ajaib Sekuritas, CGS-CIMB Sekuritas Indonesia,Panin Sekuritas,  RHB Sekuritas dan Sinarmas Sekuritas.

 

Itulah informasi seputar trading saham, semoga bermanfaat.