Mengenal Apa Itu Metaverse Internet Dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Metaverse internet sebenarnya masih hal yang tabu sehingga sulit untuk dijelaskan. Tapi mengingat pengguna facebook hampir berjumlah 3 miliar dimana mereka akan menggunakan facebook di setiap bulannya membuat Mark Zuckerbeg ingin membuat perubahan arah yang harus diperhatikan.

Mengenal Istilah Metaverse Internet

Sebenarnya istilah metaverse bukanlah hal yang baru. Ide metaverse sangat layak untuk dipahami apalagi jika Anda termasuk orang yang kritis terhadap perubahan di masa depan. Sebenarnya, orang yang menciptakan istilah metaverse untuk yang pertama kalinya adalah Stephenson di tahun 1992.

Stephenson menyebutkan istilah ini di novelnya yang berjudul Snow Crash. Istilah ini ditujukan untuk dunia virtual 3D yang di dalamnya terdapat orang-orang avatar sungguhan. Istilah metaverse tidak memiliki arti yang bisa diterima secara umum. Jadi anggap saja pengertiannya adalah internet dalam bentuk 3D.

Pemilik facebook, Zukcerberg mendeskripsikan bahwasanya metaverse adalah lingkungan virtual yang dapat dimasuki oleh semua orang meski hanya melihat dari layarnya saja. Jika dipersingkat, ini merupakan komunitas di dunia virtual yang saling terhubung mesti tidak bertemu atau bertatap muka secara langsung.

Orang-orang bisa bertemu, bekerja, bermain dengan headshet, memakai aplikasi smartphone dan banyak lagi yang lain. Gambaran sederhana ini mengungkapkan jika metaverse merupakan seperangkat ruang virtual yang dapat digunakan orang-orang untuk menjelajah dengan pengguna lain yang tidak berada di ruang yang sama.

Baca Juga:  Aplikasi Open BO Terbaik, Klik Instal Untuk Mengunduhnya

Kegiatan yang Dapat Dilakukan Dengan Adanya Metaverse

Selain itu, Anda juga harus tahu jika ada beberapa hal yang bisa dilakukan berkat hadirnya metaverse ini. Adanya metaverse membuat orang-orang bis pergi ke konser virtual secara bersama-sama, melakukan perjalanan, melihat karya seni, mencoba pakaian secara digital dan banyak lagi yang lain.

Metaverse juga bisa digunakan sebagai game-changer untuk sistem kerja shift dari rumah di tengah pandemi covid 19. Tidak hanya bisa melihat rekan kerja melalui panggilan video saja, karyawan juga bisa bergantung di kantor virtual secara bersama-sama. FB sendiri kini sudah meluncurkan software meeting bernama Horizon Workrooms untuk perusahaan.

Software ini dapat digunakan dengan menggunakan headset Oculus VR-nya. Ini adalah headshet yang harganya mencapai 300 lebih sehingga membuat pengalaman yang paling mutakhir dan menjangkau semua orang meski berada di lokasi yang berbeda. Zukerberg mengatakan jika metaverse akan memberikan banyak pengalaman baru kepada orang-orang.

Metaverse hadir di sekitar kita untuk menciptakan kemampuan dalam berteleportasi dari pengalaman satu ke yang lain. perusahaan teknologi harus paham cara yang harus mereka lakukan supaya bisa menghubungkan platform online satu dengan yang lain.

Baca Juga:  Begini Cara Daftar KJP Plus Untuk Mendapatkan Bantuan Biaya Pendidikan

Apakah Metaverse Hanya Digunakan Untuk Facebook?

Sebenarnya bukan hanya facebook saja yang sudah membahas tentang metaverse tapi beberapa perusahaan lain seperti Microsoft dan perusahaan pembuat chip Nvidia. Metaverse tidak hanya proyek dari facebook saja. Richard Keris selaku wakil presiden dari platform Omniverse Nvidia,mengatakan jika saat ini sudah ada banyak perusahaan yang ingin membangun dunia.

Metaverse sangat penting untuk dapat diperluas sehingga para pengguna bisa melakukan teleprotasi ke dunia yang berbeda. Teleportasi bahkan bisa dilakukan dari satu perusahaan ke yang lain. Metaverse juga membuat pengguna internet berpindah dari satu halaman web ke yang lain dengan sangat mudah dan cara yang sama.

Sementara itu, perusahaan yang membuat video game seperti Fortnite juga ingin mengambil peran dan sudah mengumpulkan uang sebanyak USD 1 milliar dari para investor yang akan membangun metaverse dalam jangka panjang.

Roblox, platform pembua game lainnya juga sudah menguraikan visi dan misi mereka terkait metaverse sebagai tempat untuk orang-orang supaya bisa berkumpul bersama-sama dan mendapatkan pengalaman 3D yang fungsinya adalah untuk bermain, bekerja, belajar, bersosialisasi, berekreasi dan banyak lagi yang lain.

Merek-merek seperti Gucci juga sudah melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan Roblox untuk membantu penjualan koleksi aksesoris di dunia digital. Tidak hanya itu, perusahaan besar seperti coca cola juga ikut menjual token digital yang merupakan batu loncatan untuk menuju metaverse.

Baca Juga:  KLIK INSTAL !!! Begini Cara Mudah Pantau WhatsApp

Pihak fb memberikan pernyataan jika metaverse bukanlah produk tunggal yang dibangun hanya dari satu perusahaan saja. tetapi metaverse ini sama seperti internet terlepas dari fb atau tidak, teknologi ini tetaplah ada.

Akankah Metaverse Akan Menjadi Pengganti Internet?

Mungkin beberapa diantara kalian ada yang bertanya-tanya, akankah metaverse akan menjadi pengganti internet? Zuckerberg memberikan gambaran bahwasanya metaverse adalah internet yang diwujudkan atau yang ditingkatkan versinya. Penggunanya akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dimana hal itu tidak bisa mereka dapatkan sebelumnya.

Itulah penjelasan mengenai metaverse internet. Metaverse dipercaya akan menjadi langkah awal untuk memberikan kesempatan bagi orang-orang yang ingin mewujudkan dunia digital supaya lebih inklusif dan komprehensif. Jadi, Apakah Anda sudah siap untuk hidup di dunia virtual?