Investasi adalah Kegiatan Menanam Modal. Apa Saja Manfaatnya?

Investasi adalah kegiatan menempatkan sebuah modal yang berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau orang uang melakukan investasi suatu saat akan mendapatkan keuntungan setelah jangka waktu tertentu. Karena adanya harapan untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari dalam jangka waktu tertentu inilah investasi disebut juga sebagai kegiatan menanam modal.

Pengertian investasi jika dibaca dari sumber wikipedia, Investasi adalah suatu aktivitas menanamkan modal, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan harapan pada jangka waktu tertentu pemilik modal atau investor mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. Sedangkan pengertian investasi jika di lihat dari Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) investasi adalah penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Terdapat banyak sekali contoh investasi mulai saham, deposito, obligasi, tabungan, asuransi, reksadana, perusahaan fintech, sampai dengan crypto dam juga masih banyak yang lainnya. Banyak juga bentuk investasi lainnya seperti pembelian tanah, perhiasan dan emas, dan juga investasi pada bisnis dan usaha yang sedang dijalankan.

Jenis Investasi Adalah

Investasi secara garis besar dibagi menjadi 2 jenis yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Investasi jangka pendek adalah investasi yang dilakukan dalam waktu yang singkat atau cepat. Sedangkan investasi jangka panjang adalah investasi ditujukan untuk masa depan bahkan sampai tua, maka dari itu, investor memerlukan waktu yang bisa dibilang cukup lama untuk menikmati hasilnya nanti.

Baca Juga:  Waspadai Investasi Bodong, Berikut Cara-Cara Mengenalinya

Manfaat Investasi Adalah

  1. Menghindarkan dari Inflasi

Inflasi yang pasti terjadi setiap tahunnnya membuat nilai aset bisa berkurang. Dengan melakukan kegiatan investasi maka aset juga akan berkembang menaikkan nilai tambah sehingga dapat mengimbangi inflasi yang sedang terjadi.

  1. Meningkatkan nilai uang atau kekayaan

Manfaat dan juga tujuan dari investasi adalah untuk meningkatkan nilai uang atau kekayaan. Bayangkan saja kalua kamu mempunyai investasi berupa emas yang harganya naik setiap tahunnya, pastinya hal itu akan menjadi sumber penghasilan tambahan untuk meningkatkan harta, uang dan kekayaan.

  1. Kebutuhan darurat

Salah satu manfaat dari investasi adalah ketika anda sedang mengalami keadaan dimana membutuhkan dana darurat untuk memenuhi besuah kebutuhan, pastinya anda dapat menggunakan dana atau aset yang telah anda investasikan sebelumnya, anda tidak perlu bingung untuk mencari pinjaman karena masih bisa ditutupi dengan hasil dari investasi.

  1. Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan
Baca Juga:  Bantuan UMKM 2022, Syarat Mendaftar dan Cara Pencairan

Melakukan kegiatan berinvestasi dapat membantu anda mempersiapkan modal atau dana untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Sebagai contoh adalah biaya pernikahan, pendidikan anak, kesehatan, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Jadi melalui kegiatan investasi ini anda dapat mengatasi bertambahnya biaya pada kebutuhan-kebutuhan tersebut.

  1. Mencapai Financial freedom

Manfaat dari investasi yang selanjutnya adalah Financial Freedom. Financial Freedom merupakan keadaan di mana kamu merdeka secara finansial. Artinya, apa yang kamu hasilkan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari bahkan sampai lebih

  1. Pensiun lebih siap

Pastinya seseorang tidak akan bekerja seumur hidup, selain factor umur yang sudah menua juga kemampuan dalam bekerja juga akan menurun. Maka dari itu dengan kegiatan investasi dapat mempersiapkan masa depan ketika nanti sudah pension dari pekerjaan anda. Selagi masih dalam usia muda, persiapkanlah masa depan dengan sebaik-baiknya. Tidak hanyay menabung, tetapi kamu juga bisa berinvestasi untuk mempersiapkan dana pension nantinya.

  1. Melatih dalam pengambilan keputusan

Ada banyak sekali yang bisa dipilih jenis investasi di zaman sekarang ini, sehingga kamu perlu bisa memilih investasi yang sesuai dengan diri anda. Anda juga perlu memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan finansial. Berbagai masalah yang akan kamu hadapi dapat menguji kemampuanmu analisamu. Pengalaman dan pengetahuanmu tentang investasi juga pastinya akan bertambah seiring berjalannya waktu.

  1. Membuka Wawasan
Baca Juga:  Cara Mudah Investasi Bibit Untuk Pemula

Menjadi seorang yang melakukan kegiatan investasi akan membuat anda memiliki banyak relasi atau hubungan dengan investor lainnya, karena anda akan sering bertanya dan juga bertukar pikiran tentang produk investasi apa yang sesuai untuk dipilih. Secara tidak lansgung wawasan mengenai ekonomi keuangan dan finansial pun akan semakin luas dan terbuka. Tidak menutup kemungkinan, anda dapat menjadi seorang perencana dan analisis keuangan yang berkompeten dan dapat dihandalkan.

Setelah memahami tentang pengerian dari investasi dan juga adanya jenis investasi yang berjangka pendek ataupun berjangka Panjang anda dapat memilih investasi yang tepat untuk anda. Ditambah lagi pengetahuan tentang manfaat dan tujuan dari investasi yang dapat digunakan sebagai pertimbangan sebelum melakukan kegiatan investasi. Semoga dengan pengetahuan tersebut anda dapat mendapatkan keuntungan dari kegiatan investasi ini.