Cara Mudah Investasi Bibit Untuk Pemula

Investasi kini mempunyai banyak jenis dan paltform yang menyediakannya, hal ini kerap membingungkan bagi mereka yang masih pemula. Bila Anda masih pemula dalam dunia investasi maka reksa dana akan sangat tepat untuk dipilih. Sebab dalam reksa dana mempunyai diversifikasi yang akan membuat aset tersebar pada banyak instrumen untuk meminimalisir resiko.

Di jaman sekarang ini sendiri kita bisa berinvestasi pada reksa dana melalui platform aplikasi secara online. Bibit sendiri merupakan salah satu paltform investasi reksa dana yang sangat direkomendasikan untuk semua tingkatan investor. Bila Anda tertarik berinvestasi pada instrumen reksa dana melalui aplikasi online maka wajib menyimak pembahasan berikut.

Penjelasan Singkat Aplikasi Investasi Bibit

Bibit merupakan aplikasi investasi yang diluncurkan oleh PT. Bibit Tumbuh Bersama di tahun 2019 lalu dan telah terdaftar serta diawasi oleh OJK. Disini Bibit berperan sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana secara online guna membantu investor memperjual belikan investasi reksa dana dengan perusahaan manajer investasi.

Perlu Anda ketahui bahwa reksa dana merupakan sebuah paket investasi dimana di dalamnya terdapat instrumen investasi seperti obligasi, saham maupun pasar uang. Disini modal Anda akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman dan dapat dipercaya. Cara investasi yang tergolong mudah dengan tingkat resiko yang bisa disesuaikan membuat Bibit banyak direkomendasi untuk para investor.

Terlebih lagi dengan adanya fitur “Robo Advisor” yang dapat memudahkan analisis dengan menyesuaikan pola investasi berdasarkan usia investor, penghasilan, tujuan hingga tingkat resikonya. Dengan berbagai keunggulannya tidak heran aplikasi investasi Bibit menjadi yang paling banyak dipilih terutama oleh generasi milenial.

Baca Juga:  Sangat Mudah dan Menjanjikan, Berikut Keuntungan Investasi Emas dan Tips untuk Pemula

Cara Registrasi atau Pendaftaran Akun Bibit

Sebelum bisa memulai berinvestasi pada aplikasi Bibit maka Anda diharuskan unruk membuat akun atau rekening reksa dana Bibit lebih dulu. Syarat utamanya sendiri tergolong mudah karena cukup membutuhkan KTP dan rekening bank dengan nama Anda sendiri. Rekening ini diperlukan bila Anda menjual reksa dana dan ingin mencairkannya, nantinya dana akan ditransferkan oleh Bank Kustodian ke rekening Anda.

Untuk pembuatan akun atau registrasinya sendiri juga tergolong mudah, bila Anda tertarik dan ingin membuka rekening reksa dana Bibit bisa mengikuti langkah berikut :

  • Pastikan Anda sudah mempunyai aplikasi Bibit yang dapat di download dan diinstal melalui play store atau app store, kemudian buka aplikasi tersebut bila sudah selesai.
  • Disini Anda diminta menginputkan nomer handphone Anda yang aktif lalu klik lanjut, maka aplikasi akan mengirimkan kode verifikasi ke nomer tersebut yang harus Anda inputkan untuk melanjutkan proses.
  • Selanjutnya Anda juga akan diminta menjawab 6 kuesioner singkat, tujuannya adalah untuk mengetahui profil resiko Anda. Bila sudah akan muncul tombol Lanjut Registrasi, klik tombol tersebut.
  • Lalu Anda diminta mengisi data diri pada kolom yang tersedia, setelah selesai klik Lanjutkan.
  • Pada tahap selanjutnya Anda diminta mengunggah foto KTP baik dari galeri maupun langsung foto, pastikan KTP bisa terlihat jelas, lalu klik Lanjutkan.
  • Selain foto KTP, Anda juga harus berfoto selfie dengan memegang KTP dan pastikan muka Anda dan KTP tidak terhalang atau tertutup barulah klik Lanjutkan.
  • Setelah semua itu Anda diminta mengecek data pribadi apakah sudah sesuai, bila sudah maka klik Berikutnya.
  • Kemudian akan muncul sebuah kotak untuk Anda mencantumkan tanda tangan, pastikan tanda tangan sesuai dengan yang ada di KTP barulah klik Daftar Sekarang.
  • Untuk keamanan Anda diminta membuat PIN, masukkan kembali PIN tersebut di halaman konfirmasi PIN.
  • Setelah selesai maka akan ada email verifikasi yang dikirim ke email Anda, buka email tersebut dan klik Verifikasi Email sebelum melebihi 24 jam kemudian tim Bibit dan KSEI akan melakukan verifikasi pada data pribadi Anda.
Baca Juga:  Cara download Apk kamera Tembus Pandang Pada Android

Cara Melakukan Pembelian dan Penjuakan Reksa Dana di Bibit

Apabila semua proses registrasi telah selesai dan berhasil maka Anda bisa segera melakukan pembelian reksa dana melalui aplikasi ini, untuk melakukannya ikuti beberapa langkah berikut :

  • Buka aplikasi, pada halaman utama klik tombol Explore.
  • Akan ada beberapa jenis reksa dana seperti saham, obligasi, syariah maupun pasar uang yang bisa Anda pilih.
  • Pastikan Anda membaca prospektus yang disediakan guna mempelajari data maupun informasi terkait reksa dana, dan bila Anda sudah yakin maka bisa klik tombol Beli.
  • Anda kemudian akan diminta memasukkan berapa nominal yang ingin diinvestasikan, Anda juga dapat mengubahnya dengan klik Ubah untuk memilih portofolio mana yang ingin dipilih. Pilih salah satu portofolio yang tersedia.
  • Setelah portofolio dipilih maka selanjutnya Anda bisa kllik Beli.
  • Apabila Anda sudah menyetujui prospektus reksa dana tersebut maka bisa klik Checklist lalu klik Bayar Sekarang.
  • Lalu akan ada beberapa metode pembayaran seperti GoPay, Virtual Account dan LinkAja yang bisa Anda pilih baru klik Bayar.
  • Segera lakukan pembayaran maka proses pembelian reksa dana Bibit telah selesai.
Baca Juga:  Mengenal Jenis-Jenis Saham Dan Keuntungan yang Didapatkan

Apabila investasi reksa dana telah mencapai target yang sudah ditentukan maka Anda dapat segera menjualnya. Bila Anda ingin melakukan penjualan Reksa dana Bibit maka bisa mengikuti beberapa langkah berikut :

  • Buka Aplikasi dan pada halaman utama pilih menu Portofolio.
  • Selanjutnya pilih mana portofolio yang mau Anda jual, contohnya Dana tabungan maupun pensiun.
  • Lalu klik tombol jual yang ada pada reksa dana tersebut.
  • Geser slider yang ada untuk menentukan jumlah unit yang ingin Anda jual lalu klik Jual.
  • Sebagai keamanan, Anda diminta memasukkan kode PIN untuk mengkonfirmasi penjualan.
  • Setelah proses penjualan selesai maka dana akan segera ditransferkan ke rekening Anda selama maksimal 7 hari kerja sesuai dengan prosedur yang ditetapkan OJK.

Itulah gambaran singkat tentang aplikasi investasi Bibit serta cara membeli dan menjual reksa dana Bibit. Dengan berbagai kemudahannya tersebut Bibit menjadi aplikasi investasi yang ramah untuk pemula. Aplikasi yang aman dan terpercaya ini bisa digunakan sebagai pilihan investasi untuk mendapatkan tambahan kekayaan finansial.