Begini Cara Daftar KJP Plus Untuk Mendapatkan Bantuan Biaya Pendidikan

Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus) merupakan program untuk membantu pembiayaan pendidikan sekolah untuk masyarakat DKI Jakarta yang kurang mampu. Program ini sagat dinantikan oleh siswa-siswi yang beradi di DKI Jakarta, karena dengan program Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus) ini peserta didik akan mendapatkan bantuan biaya Pendidikan setiap sebulan sekali.

Bantuan Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus) sangat diharapkan, terlebih bagi masyarakat yang kurang mampu dari segi ekonomi. Di tambah lagi denga nadanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk di Indonesia.

Apa itu KPJ dan Manfaatnya Bagi Masyarakat?

Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus) ini adalah program yang tepat untuk memberikan bantuan bagi pelajar di daerah DKI Jakarta yang dari keluarga yang kurang mampu agar dapat mendapatkan bantuan pendidikan. Harapan mengikuti program penerima KJP Plus ini adalah

  1. Meningkatkan Pendidikan bagi anak usia 6 sampai dengan 21 tahun untuk mendapatkan bantuan Pendidikan sampai menyelesaikan pendidikan menengah untuk mendukung pelaksanaan Pendidikan Menengah Universal/Rintisan Wajib Belajar sampai 12 Tahun.
  2. Membantu meringankan biaya personal pendidikan.
  3. Mencegah adanya kasus siswa dikeluarkan dari sekolah karena tidak mampu membayar biaya sekolah yang mahal
  4. Mendorong siswa yang sudah terlanjur putus sekolah (drop out) atau anak tidak sekolah agar mendapatkan layanan pendidikan di sekolah atau Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) atau satuan pendidikan tidak formal lainnya.
  5. Meningkatnya pencapaian target Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Mempersiapkan kesiapan siswa pendidikan menengah maupun peserta pendidikan kesetaraan dan kursus untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.
Baca Juga:  Begini Cara Daftar Bantuan BLT UMKM Senilai 2,4 Juta

Dengan adanya bantuan Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus) ini dapat meringankan beban masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan pendidikan bagi anak-anaknya. Setidaknya bisa menyelesaikan Pendidikan sampai jenjang SMA atau SMK dengan dibiayai dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengatur supaya tidak semua warga Jakarta bisa mendapatkan bantuan KJP Plus, pemerintah membatasi hanya peserta didik yang masih terdaftar dan aktif di salah satu sekolah di daerah DKI Jakarta. Selain hal tersebut, penerima bantuan KJP Plus juga harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial daerah atau yang lainnya.

Syarat penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus)

Program Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus) hanya diperuntukkan bagi peserta didik yang dinyatakan tidak mampu baik secara materi maupun penghasilan orang tuanya yang kurang memadai untuk memenuhi keutuhan dasar pendidikan anaknya. Kebutuhan dasar yang dimaksud seperti seragam sekolah, biaya transportasi, sepatu, tas sekolah, makanan, biaya ekstrakulikuler, dan lain-lain.

Baca Juga:  Apa itu Saham, Ini Penjelasan Lengkapnya

Untuk masyarakat DKI Jakarta yang belum memiliki Kartu Jakarta Pintar (KJP Plis), berikut ini cara mendaftar program KJP Plus dan syarat-syarat yang dibutuhkan.

  1. Formulir kelengkapan data diri
  2. Surat permohonan Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus)
  3. Surat pernyataan ketaatan pengguna Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus)
  4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Fotokopy Kartu Keluarga (KK)
  6. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) kepala sekolah dan dibubuhkan materai
  7. Pernyataan ketaatan penggunaan bantuan social biaya operasional Pendidikan untuk peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu melalui cek KJP Plus
  8. Daftar calon penerima KJP Plus yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan diketahui oleh kepala satuan pelaksana Pendidikan kecamatan.

Cara Daftar Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus)

Untuk melalukan pendaftaran program Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus) tidak sulit, yang perlu diperhatikan adalah peserta program Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus) akan diperbarui setiap tahunnya, jadi anda perlu melakukan pendaftaran ulang setiap tahunnya. Berikut cara mendaftar Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus) secara online.

  1. Buka situs atau website Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus)
  2. Buatlah akun jika belum pernah daftar sebelumnya
  3. Masuk menggunakan akun yang sudah didaftarkan
  4. Masuk ke menu input pendaftaran baru
  5. Basukkan data diri dan informasi yang diperlukan kemudian klik simpan
Baca Juga:  Cara Investasi Bibit Dengan Mudah dan Cocok Untuk Pemula

Cara cek status Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus)

Cek status Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus) juga bida dilakukan dengan mudah.

  1. Buka situs website Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus)
  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Pilih tahun
  4. Pilih tahap
  5. Klik cek status Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus)

Besaran Dana  Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus)

Untuk sekolah negeri

  1. Rp 250.000 untuk tingkat SD/MI/SDLM
  2. Rp 300.000 untuk tingkat SMP/MTs/SMPLB
  3. Rp 420.000 untuk tingkak SMA/MA/SMALB
  4. Rp 450.000 untuk tingkat SMK

Untuk sekolah swasta

  1. Rp 130.000 untuk tingkat SD/MI/SDLM
  2. Rp 170.000 untuk tingkat SMP/MTs/SMPLB
  3. Rp 290.000 untuk tingkak SMA/MA/SMALB
  4. Rp 240.000 untuk tingkat SMK

Demikian Cara Daftar KJP Plus Untuk Mendapatkan Bantuan Biaya Pendidikan. Semua informasi bisa diakses melalui situs website resmi Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus).