Begini Cara Daftar Bantuan BLT UMKM Senilai 2,4 Juta

Seperti yang kita ketahui bahwa Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indoneisa (Kemenkop UMKM) masih membuka pendaftaran atau registrasi bantuan presiden (banpres) produktif untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Bantuan ini senilai uang tunai sebesar Rp2,4 juta yang bertujuan agar pelaku UMKM dapat meneruskan usaha di saat kondisi krisis keuangan akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia ini.

Untuk besaran jumlah bantuan yang akan diterima oleh setiap pelaku UMKM ini adalah sebesar Rp 2.400.000 dan akan diserahkan kepada lebih dari 12 Juta pelaku UMKM yang sudah terdaftar dan aktif. Perlu diperhatikan, program BLT UMKM senilai Rp2,4 tidak dibuka secara online. Pihak Kementrian dan Koperasi UMKM menghimbau untuk calon pendaftar tidak tertipu oleh platform, situs atau postingan di media sosial yang menyebutkan link pendaftaran online.

Program Bantuan Presiden (Banpres) BPUM adalah dana hibah dan bukan pinjaman maupun kredit sehingga penerima BLT (Bantuan Langsung Tunai) UMKM tidak dipungut biaya apa pun dalam proses distribusi kepada penerima bantuan.

Jika pelaku usaha mikro tidak mempunyai rekening bank, maka akan dibantu untuk dibuatkan pada saat melakukan pencairan oleh bank penyalur (BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri). Untuk pelaku usaha mikro yang memenuhi syarat, maka dana atau uang tersebut akan ditransfer melalui rekening atas nama masing-masing penerima senilai Rp2,4 juta Rupiah.

Baca Juga:  Apa Itu Investasi Jangka Pendek? Apa Saja Jenisnya?

Cara Daftar Cara Daftar Bantuan BLT UMKM

Para pelaku UMKM yang akan mendapatkan bantuan BLT ini bisa mendaftar diri dengan mempersiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat tempat tinggal yang sesuai dengan KTP, bidang usaha yang dijalankan, dan nomor telefon aktif yang dapat dihubungi dan menerima SMK.

Setelah data-data disiapkan dengan lengkap anda bisa langsung datang ke kantor lembaga pengusul atau Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah ( Kadiskop UKM ) Kabupaten/Kota di daerah masing-masing. Selain data-data tersebut, anda juga harus tahu tentang persyaratan yang harus dilengkapi.

Jika anda berminat untuk mendapat bantuan BLT senilai Rp2,4 juta rupiah untuk modal usaha anda? Berikut ini persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar BLT UMKM:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
  4. Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Negara Indoneisa (TNI), Polisi Republik Indonesia (Polri), dan Pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
  5. Tidak sedang menerima pinjaman kredit atau pembiayaan dari bank dan Kredik Usaha Rakyat (KUR)
  6. Untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memiliki KTP dan domisili usaha yang tidak sama, bisa menambahkan lampiran Surat Keterangan Usaha (SKU)
Baca Juga:  Cara Dapat Kuota Gratis Indosat, Telkomsel, hingga XL: Bantuan Internet Kemdikbud

Kemudian jika pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah memenuhi persyaratan, maka BLT UMKM ini akan diusulkan oleh pengusul Pantuan Presiden (Banpres) produktif untuk Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM), antara lain:

  1. Dinas yang mengurus bagian koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
  2. Koperasi yang sudah dinyatakan dan di sahkan sebagai badan hukum yang resmi
  3. Kementrian dan Lembaga yang dapat menyalurkan usaha
  4. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Untuk calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BTL) UMKM harus melengkapi data usulan kepada pengusul dengan melengkapi persyaratan, antara lain:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nama lengkap dan identitas diri lengkap
  3. Alamat tempat anda tinggal yang sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Bidang Usaha Mikro Kecil Menengah yang sedang didaftarkan
  5. Nomor telepon aktif yang digunakan untuk menerima verivikasi melalui telepon atau SMS

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah dinyatakan memenuhi syarat dan berhak untuk menerima bantuan akan menerima notifikasi SMS dari bank penyalur (BRI, BNI, atau Bank Syariah Mandiri).

Baca Juga:  Keunggulan Investasi Bibit Dan Panduan Caranya Buat Pemula

Untuk Bank BRI dan Bank BNI juga menyediakan layanan formulir online (eform) di link eform.bri.co.id/bpum atau eform.bni.co.id/bpum dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (KTP) dan memasukkan nomor atau kode verivikasi yang tertera pada form tersebut. Itu berfungsinya untuk memeriksa apakah data anda termasuk yang menerima bantuan BLT UMKM atau tidak.

Cara daftar Usaha Mikro Kecil Menengah memang cukup mudah, oleh karena itu Anda dapat melakukan pendaftaran dengan cara yang sudah dijelaskan diatas. Perlu diperhatikan, sebelum anda mulai mendaftar, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan tersebut dan memang berhak untuk mendapatkannya.

Setelah mengetahui cara daftar bantuan BLT UMKM senilai 2,4 juta ini anda dapat melakukan pendaftaran dengan benar dan sesuai sehingga data yang anda daftarkan dapat diproses dan anda dinyatakan menerima bantuan tersebut.