Bantuan UMKM Tahap 2, Ini Kriteria Penerimanya

Bantuan UMKM Tahap 2 sudah cair, ini tanda tanda anda menerimanya, simak penjelasannya berikut ini. Bagi yang belum mengajukan, Perlu diketahui bahwa bantuan ini adalah bantuan presiden (banpres) produktif untuk usaha kecil.

Bantuan UMKM Online termin kedua ini angkanya masih sama, yaitu bantuan berupa uang tunai sebesar Rp.2,4 juta untuk setiap penerima bantuan. Tujuan bantuan UMKM Tahap 2 ini sebagai upaya Pemerintah dalam rangka membantu kesejahteraan para pelaku usaha kecil yang terdampak pandemi Covid-19.

Penerima bantuan UMKM Online Tahap Kedua

Penerima bantuan UMKM Online tahap dua sama dengan penerima bantuan ini di tahap pertama, yaitu mereka yang punya usaha kecil dapat mengajukan permohonan bantuan ini.

Cara Pendaftaran Bantuan

Cara pendaftaran bantuan UMKM Online akan dijelaskan dibawah ini. Tapi sebelumnya, jika ingin mengajukan pastikan anda memenuhi syarat berikut ini mengutip depkop.go.id :

  • Data nama lengkap dan KTP
  • Menyertakan Nomor Induk Melampirkan Kependudukan (NIK)
  • Melampirkan Domisili
  • Melampirkan Usaha yang dijalankan
  • Nomor telpon aktif
  • Melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) Domisili jika KTP dan domisili usaha berbeda.

Syarat menerima Bantuan BLT UMKM Tahap 2

Syarat menerima bantuan BLT UMKM Tahap 2 yakni hanya bisa jika diusulkan oleh :

  • Dinas Koperasi dan UMKM wilayah setempat
  • Koperasi berbadan hukum
  • Perusahaan dan Perbankan
  • Lembaga/Kementerian
  • pembiayaan terdaftar di OJK.
Baca Juga:  Definisi Investasi Saham: Manfaat, Risiko, dan Tips untuk Pemula

Catatan :

Jika anda sudah memenuhi syarat diatas, kemungkinan besar akan lolos saat pengajuan bantuan UMKM Tahap 2. Anda tinggal membawa persyaratan tadi ke salah satu lembaga tersenut diatas.

Adapun hal yang membuat pelaku usaha kecil tidak bisa terima bantuan UMKM Tahap 2 adalah sebagai berikut :

  • Sedang menerima investasi atai kredit modal kerja perbakan.

 

  • Bukan berasal dari anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai BUMN/BUND, TNI/Polri.

Jadi, anda tidak menerima bantuan UMKM Tahap 2 jika masuk dua kriteria diatas.

Tanda tanda Menerima BLT UMKM

Jika anda dinyatakan lolos sebagai penerima bantuan UMKM Tahap 2, beberapa tandanya dapat diketahui dengan adanya SMS dari pihak bank penyalur, (BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri). Anda juga dapat cek di Bank BRI, yakni lewat link (e-form)  eform.bri.co.id/bpum dengan memasukan NIK KTP.

Selengkapnya Cara Cairkan Bantuan UMKM di BRI

Bagi anda pelaku usaha nasabah Bank BRI, bantuan UMKM  Tahap 2 bisa dicairkan disini dengan mudah bahkan tanpa harus repot antre dengan reservasi online.  Caranya gampang, tinggal ikuti langkah langkah berikut ini :

  • Buka laman bri.co.id/bpum. Disini, anda lalu menuju ke laman reservasi.
  • Setelah itu, anda mwngisi data diri mencanutmkan nomor KTP anda.
  • Nanti akan muncul kode verifikasi usai berhasil input data KTP.
  • Langkah selanjutnya, anda tinggal pilih kota, provinsi, serta unit kerja bank yang dituju.
  • Lalu, anda harus menentukan jadwal yang tersedia untuk ambil bantuan UMKM di Bank BRI cabang yang anda pilih.
  • Tahap berikutnya, anda mengisi kode verifikasi, nanti akan muncul nomor reverensi, simpan nomor ini.
  • Setelah anda lakukan reservasi online, anda tinggal menuju Bank BRI yang sudah anda pilih tadi untuk melakukan pencairan bantuan UMKM.
Baca Juga:  5 Aplikasi Pantau Chat WA Pasangan Tanpa Diketahui, No.4 Paling Gampang !

Tentang Bantuan UMKM Online Tahap 2

Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM merupakan program lanjutan dari Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (Banpres BPUM) tahap 2. Di tahun 2021, ada sebanyak 500 pelaku UMKM menerima bantuan ini masing masing masing sebesar Rp 1,2 juta dan angka penerima bisa terus bertambah.

Adapun penerima bantuan adalah mereka yang menjalankan usaha kecil, yang telah memenuhi kualifikasi seperti dibahas pada artikel ini.

Bantuan UMKM Online Tahap 2 Ditengah Pandemi

UMKM adalah sektor penting pada ekonomi Indonesia. Dari data yang ada, setidaknya ada sebanyak 64,19 Juta UMKM dan jumlah ini bisa terus bertambah. Namun sayangnya, belakangan usaha kecil di tanah air mengalami hantaman akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Bantuan PPKM hingga Rp3 Juta per KK, Cara Ambilnya di BRI dan Mandiri

Rilis Katadata Insight Center (KIC) memaparkan, ada sebanyak  UMKM (82,9%) mengalami dampak negatif adanya pandemi ini, hanya sekitar 5,9 persen saja UMKM yang tumbuh positif.  Berdasarkan survei daei World Bank, Bapennas dan BPS baru baru ini menjelaskan bahwa selama pandemi UMKM mengalami beberapa kendala.

Seperti misalnya susah lunasi pinjaman, kesulitan untuk biaya operasional usaha, hingga untuk membayar karyawan termasuk kesulitan permodalan, bahan baku, terjadi penurunan produksi hingga produksi terhambat.

Maka dari itu, Pemerintah mengupayakan beberapa cara untuk membantu usaha kecil termasuk memberikan bantuan UMKM dan beberapa upaya lainya seperti restrukturisasi pinjaman, keringanan bayar listrik, tambahan modal dan dukungan pembiayaan lain.

Nah itulah tadi informasi tentang bantuan langsung tunai UMIM tahap 2 yang bisa dicairkan oleh pelaku usaha kecil dengan syarat tertentu. Segera lakukan cara diatas untuk menerima bantuan tersebut.