Bantuan UMKM 2022, Syarat Mendaftar dan Cara Pencairan

Kabar baik, pemerintah kembali berikan bantuan di masa pandemi Covid-19. Pada tahun 2022 ini, kepada para pelaku usaha kecil menengah (UMKM) disediakan bantuan senilai Rp.600 ribu. Bantuan UMKM ini bisa diperoleh bagi yang memenuhi syarat tertentu. Berikut syaratnya.

Seperti diketahui bersama, bahwa wabah Covid-19 telah menghantam dunia dan Indonesia menjadi salah satu negara paling terdampak dalam banyak faktor, termasuk ekonominya.  Tak cuma skala makro, usaha kecil bahkan ikut ikutan terkena imbas parah.

Ada banyak usaha kecil mengalami dampak negatif di sektor ekonomi akibat pageblug ini. Tak sedikit usaha gulung tikar, sementara hanya segelintir usaha mikro yang mengalami pertumbuhan positif. Kondisi ini cukup memprihatinkan, padahal mayoritas masyarakat tanah air bergerak dalam usaha kecil, dan UMKM menjadi salah satu tulang punggung ekonomi negara.

Maka dari itu, dilakukanlah berbagai upaya Pemerintah dalam upaya menanggulangi efek ekonomi lebih parah. Diantaranya dengan memberikan bantuan langsung kepada pelaku usaha kecil. Tercatat, sudah beberapa kali bantuan semacam ini digelontorkan sejak pandemi dan kedepan kemungkinan masih terus berlanjut mengingat masih dalam pemulihan pasca krisis supaya UMK dapat kembali tumbuh positif.

UMKM  2022 untuk pelaku usaha kecil

Kabar baiknya, di tahun 2022 ini, Pemerintah juga menggelontor bantuan UMKM dengan nilai Rp.600 ribu bagi yang memenuhi syarat khusus. Pada tahun 2021 lalu, Pemerintah juga menggelontor bantuan serupa, nominalnya lebih besar, 1,2 juta rupiah untuk diberikan kepada yang belum menerima bansos.

Baca Juga:  Definisi Investasi Saham: Manfaat, Risiko, dan Tips untuk Pemula

Jadi, jika anda pelaku usaha kecil, jangan ragu untuk coba mengajukan bantuan ini.  Beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto  mengatakan bahwa bantuan UMKM 2022 akan diberikan kepada sebanyak 12 juta pelaku usaha kecil, termasuk kepada pemilik warung hingga PKL, ini akan berlangsung selama situasi pandemi Covid-19.

 

Syarat Daftar BLT UMKM 2022

Berikut ini syarat untuk menerima

Banpres Produktif atau BLT UMKM yang perlu diketahui. Untuk mengajukan bantuan ini, pelaku usaha kecil sebelumnya harus mendapat rekomendasi dari Dinas Koperasi UMKM setempat, adapaun persyaratanya sebagai berikut :

WNI

Nama lengkap

Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Nomor Kartu Keluarga (KK)

Alamat tempat tinggal sesuai KTP

Bidang usaha (wajib)

Nomor telepon aktip.

Bukan ASN (bikan Polri/TNI, Pegawai BUMD/BUMN dan ASN lain)

Tidak sedang pinjam uang/kredit bank

Untuk alamat usaha dan domisili berbeda, bisa lampirkan  Surat Keterangan Usaha (SKU).

Cara Daftar BLT UMKM 2022

Cara daftar bantuan BLT UMKM 2022 harus memenuhi syarat diatas. Setelah itu, harus mendaftar dan lengkapi data usulan kepada Dinas Koperasi dan UMKM setempat, saat mengajukan, bawa berkas yang sudah disiapkan.

Baca Juga:  10 Aplikasi Penghasil Uang Paling Gokil dan Paling Viral 2022

Setelah melakukan pendaftaran, cek secara berkala, apakah nama anda tercantum sebagai penerima UMKM 2022 atau tidak.  Caranya tinggal mengakses laman  eform.bri.co.id/bpum lalu input nomor KTP dan kode verifikasi, klik proses Inquiry.

 

Kalau sudah, akan muncul notifikasi informasi nomoe KTP sudah terdaftar bantuan UMKM 2022 atau tidak.  Jika terdaftar, anda dapat mencairkan bantuan di Bank BRI, supaya tidak antre panjang, dapat melakukan reservasi online.

Cara Pencairan Bantuan UMKM 2022

Jika anda baru pertamakali mengajukan dan menerima bantuan UMKM, mungkin masih bingung cara pencairan bantuan ini. Caranya mudah, seperti pada tahun tahun sebelumnya, anda mencairkan dana bantuan di bank yang ditunjuk Pemerintah, seperti BRI. Anda tinggal ke bank BRI terdekat setelah dipastikan memang menerima bantuan.

Tapi biasanya yang mencairkan bantuan serupa banyak, sehingga harus antre. Supaya tidak repot antre lama lama, anda dapat melakukan reservasi online di BRI untuk pencairan bantuan UMKM.  Caranya, tinggal akses halaman eform.bri.co.id/bpum dan peegi ke laman reservasi. Setelah itu, isi data diri mencanutmkan nomor KTP anda.

Setelah itu, kode verifikasi akan muncuk setelah berhasil input data KTP anda. Berikutnya, pilih Bank BRI terdekat dengan anda. Nantinya anda akan ambil uang di cabang BRI yang anda pilih ini.  Sekarang, tinggal memilih jadwal kapan anda akan ambil bantuan UMKM di bank BRI.

Baca Juga:  ANDA Wajib Tahu Ciri dan Cara Menghindari Investasi Bodong

Tahap berikutnya, anda mengisi kode verifikasi, nanti akan muncul nomor reverensi, simpan nomor ini.  Setelah anda lakukan reservasi online, anda tinggal menuju Bank BRI yang sudah anda pilih tadi untuk melakukan pencairan bantuan UMKM.

Itulah tadi cara dan syarat mendapatkan bantuan UMKM 2022 dan cara pencairanya.  Jika memang memiliki usaha kecil, jangan ragu untuk mengajukan, asalkan memenuhi syarat, maka kemungkinan besar akan lolos verifikasi dan anda berhak memperoleh bantuan UMKM sebesar Rp.600 ribu tahun 2022.

Selain bantuan UMKM, Pemerintah juga baru baru ini gelontorkan BLT minyak goreng senilai 300 ribu menyasar keluarga yang sebelumnya penerima bantuan PKH, BNPT, dan PKL. Sedangkan bagi para pekerja akan digelontor bantuan BSU untuk yang gajinya dibawah 3,5 juta rupiah.

Tiap pekerja peroleh uang tunai Rp.1 juta.  Bantuan bantuan ini bertujuan untuk bantu UMKM, pekerja dan masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Pemerintah menyampaikan bakal gelontorkan bantuan bantuan ini kepada jutaan keluarga.