Apa itu Saham, Ini Penjelasan Lengkapnya

Sebagai seorang yang awam tentunya Anda bertanya-tanya apa itu saham? Saham merupakan salah satu bentuk alat (instrument) untuk investasi. Di Indonesia sendiri berdasarkan data di Bursa Efek Indonesia saham terbagi menjadi ke dalam beberapa kategori. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Saham

Jika Anda sedang mencari tahu apa itu saham? Maka membaca penjelasan berikut adalah solusi yang tepat. Arti saham merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia adalah hak yang dipunyai oleh seseorang (pemilik saham) atas perusahaan karena terdapat penyerahan sebagian modal.

Saham biasanya berupa lembaran kertas yang berisi pernyataan jumlah presentase nilai yang diinvestasikan secara sah. Jika Anda mempunyai saham berapa pun nilainya di perusahaan maka diwajibkan untuk menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Saham sendiri dapat Anda perjual belikan lewat Bursa Efek Indonesia dan nominal harga jualnya dipengaruhi oleh kondisi ekonomi.

Jenis-Jenis Saham

Berdasarkan jenisnya saham dibagi menjadi dua bagian menurut prioritas pembagian profitnya. Jenisnya adalah saham preferen dan saham biasa. Ingin tahu pengertian lengkapnya? Simak pada penjelasan berikut.

Saham Preferen

Apa itu saham preferen? Yang dimaksud dengan saham tersebut adalah saham yang mempunyai karakter dari obligasi dasn saham biasa pada umumnya. Saham jenis ini mendapatkan penghasilan dari bunga obligasi.

Baca Juga:  Cara Dapat Kuota Gratis Indosat, Telkomsel, hingga XL: Bantuan Internet Kemdikbud

Keuntungan dari saham jenis ini adalah Anda bisa masuk dalam prioritas ketika pembagian dividen (keuntungan) perusahaan. Selain prioritas tersebut Anda juga bisa memperoleh pengembalian modal atas aset yang dibagi oleh perusahaan ketika dilikuidasi.

Saham Biasa

Sedangkan yang dimaksud dengan saham biasa adalah saham yang membuat Anda sebagai pemilik mendapatkan prioritas terakhir. Artinya yaitu Anda akan memperoleh pendapatan ketika perusahaan telah mendapatkan profit.

Sebagai pemegang saham biasa Anda juga tetap mempunyai hak suara dari saham tersebut. Hal yang membedakan adalah kekuatan suara tersebut bergantung terhadap besarnya nilai saham yang Anda punya. Jadi jika nilai nya banyak maka hak untuk bersuaranya pun semakin besar.

Macam Kategori Saham

Sudah tahu apa itu saham? Saham sendiri menurut Bursa Efek Indonesia (BEI) terdiri dari 9 kategori. Adapun kategori saham menurut BEI adalah sektor pertambangan, pertanian, indutsri kimia dan dasar industri mesin.

Baca Juga:  Begini Cara Daftar Bantuan BLT UMKM Senilai 2,4 Juta

Kategori selanjutnya yaitu perdagangan jasa dan investasi, bidang keuangan, industri barang konsumsi, dan layanan infrastruktur dan transportasi.

Cara Membeli Saham

Apa itu saham cara membelinya mudah untuk dilakukan? Cara membeli saham dapat Anda lakukan dengan mencari terlebih dahulu perusahaan, organisasi keuangan, dan broker. Tetapi untuk saat ini Anda bisa berinvestasi saham melalui platform online yang bisa di temukan di Play Store.

Hal yang perlu Anda siapakan untuk membeli saham selain modal dengan jumlah tertentu sesuai dengan kebijakan masing-masing platform diperlukan juga dokumen pendukung. Adapun dokumen yang perlu disiapkan yaitu KTP, Buku Tabungan, NPWP dan lain sebagainya.

Setelah memiliki modal dan dokumen yang diminta dapat Anda penuhi selanjutnya tinggal menginstal aplikasi yang dipilih dan melakukan pendaftaran. Setelah mengisi formulir secara online maka Anda akan diarahkan untuk mentransfer modal yang ingin diinvestasikan.

Setelah berhasil maka Anda dapat mengakses informasi yang ada di dalam aplikasi termasuk fitur analisa prospek saham. Pastikan dalam memilih aplikasi investasi saham Anda memilih yang legal dan di bawah pengawasan OJK.

Baca Juga:  Investasi adalah Kegiatan Menanam Modal. Apa Saja Manfaatnya?

Keuntungan Membeli Saham

Apa itu saham bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda? Dengan invetasi saham Anda bisa memperoleh keuntungan harian yang dapat dirasakan tanpa harus menunggu terlalu lama. Selain itu kondisi pasar dapat Anda pantau secara real time melalui aplikasi yang digunakan.

Risiko Membeli Saham

Apa itu saham mempunyai risiko ketika dijadikan instrumen investadi? Jawabanya adalah iya benar. Segala bentuk investasi pada umumnya selalu punya risiko termasuk dengan saham. Risiko yang diakibatakan yaitu harga saham biasanya saat ingin di jual lebih murah dibanding ketika membelinya.

Naik turun nya nilai saham memerlukan analis yang tepat dikarenakan hal itu tidak hanya dipengaruhi oleh perusahan namun kondisi pasar juga memiliki pengaruh.

Itulah penjelasan mengenai apa itu saham beserta kelebihan dan risiko didalamnya. Semoga informasi di atas dapat menjawab rasa keingintahuan Anda selama ini.