5 Cara Cerdas Manajemen Keuangan di Masa Pandemi

Manajemen keuangan yang terampil dan teratur merupakan impian banyak orang. Tak jarang, mereka akan menghabiskan banyak dana untuk mengikuti seminar-seminar keuangan. Ribuan artikel dan buku-buku terkait pengelolaan keuangan diterbitkan demi membentuk sumber daya manusia (SDM) yang bermutu. Pengelolaan uang yang cerdas adalah keterampilan yang tidak banyak dimiliki orang. Untuk itu, melamar pekerjaan sebagai asisten akan lebih mudah jika memiliki keterampilan tersebut.

Terutama, jika di masa pandemi seperti saat ini masyarakat memiliki akses yang sangat terbatas dan aturan ketat dari pemerintah untuk keluar rumah. Banyak orang kehilangan pekerjaannya, banyak perusahaan yang gulung tikar karena tidak dapat beroperasi dalam jangka waktu yang lama. Kendati demikian, masih banyak juga yang menemukan solusi bisnis meski keuntungannya tidak banyak. Nah, kali ini kami akan membagikan 5 tips cerdas dalam manajemen keuangan di masa pandemi.

1. Tidak Gegabah dalam Melakukan Pengeluaran

Di saat penghasilan sedang macet, tagihan menumpuk, manajemen keuangan yang cerdas harus memperhatikan pengeluarannya dengan teliti. Melakukan pembelian barang yang membuat anda rugi, alias membeli barang yang tidak sesuai kebutuhan jelas bukan pengelolaan yang bijak. Ada baiknya untuk merencanakan dan menyusun apa-apa saja yang anda butuhkan dalam satu bulan, setelahnya adalah melakukan pembelian di waktu-waktu tertentu untuk mengatasi kebutuhan mendadak.

Baca Juga:  Ibu Hamil dan Balita Dapat Bantuan Dana Sosial (Bansos) Rp 6 Juta Cek Dan Daftar Disini

Sangat merepotkan jika sudah terlanjur menghabiskan uang untuk membeli suatu kebutuhan, sementara ada kebutuhan mendadak di luar perkiraan. Di mana kebutuhan tersebut lebih penting, bahkan mengalahkan list nomor 1 di daftar prioritas anda. Seperti kecelakaan, sakit, atau kebutuhan mendadak lainnya di masa depan.

2. Tetap Tenang Dalam Manajemen Keuangan di Masa Kepanikan

Dalam situasi pandemi, masyarakat yang terlalu takut akan cepat panik dan mempengaruhi orang-orang terdekatnya. Namun, kepanikan seperti ini harus anda hindari agar manajemen keuangan anda tetap terkelola dengan baik. Sebab, kepanikan memiliki dampak pada menurunnya kesehatan badan dan kesehatan mental seseorang. Jika seseorang sudah terserang penyakit, bukan tidak mungkin ia akan menghabiskan dana untuk pengobatan.

Kemudian, bagaimana untuk bersikap tetap tenang dalam kondisi serba panik? Cukup mudah, yang pertama adalah anda harus meyakinkan diri sendiri bahwa anda sehat, kuat, dan anda bisa melakukan manajemen keuangan seperti pada kondisi normal. Bahkan jika pandemi tidak bisa diprediksi kapan akan berakhir, anda harus tetap tenang. Dengan ketenangan tersebut, anda juga harus mengedukasi diri dengan virus yang sedang mewabah.

3. Memanfaatkan Bisnis Digital Untuk Menambah Penghasilan

Dari sekian banyak orang yang bekerja di Indonesia, masih sedikit yang menyadari betapa besarnya potensi sukses dari bisnis online. Tidak hanya disitu, anda juga bisa melakukan manajemen keuangan dengan lebih mudah dengan media digital, aplikasi dan sebagainya. Media digital seperti internet tidak hanya digunakan untuk mencari informasi saja.

Baca Juga:  Begini Cara Membeli IPO Saham GoTo dengan Mudah

Zaman sekarang, seseorang dapat mengakses layanan apapun dengan sangat cepat. Memesan makanan cepat saji misalnya, mereka tinggal memilih apa yang mereka sukai dengan go food. Seseorang ingin membeli barang, hanya tinggal menekan tombol di aplikasi, semuanya bisa terbeli. Keadaan pandemi bisa anda manfaatkan untuk menambah penghasilan serta mengelola keuangan lebih terarah.

4. Menyusun Rencana Jangka Panjang

Sekedar merencanakan pengeluaran dalam sebulan saja tidak cukup. Manajemen keuangan yang cerdas membutuhkan visi jangka panjang yang lebih matang. Salah satunya adalah investasi. Bagi anda yang memiliki bisnis besar, bukan tidak mungkin suatu hari nanti akan gulung tikar karena terhantam kondisi serupa dengan pandemi. Benar, bukan?

Investasi adalah salah satu pilihan untuk meletakkan uang untuk masa tua atau jaga-jaga di masa depan. Siapa yang tahu, apa pun bisa terjadi di masa depan, entah hal baik atau hal buruk. Dengan perhitungan jangka panjang yang baik, tentunya segala macam kemungkinan bisa teratasi. Jika manajemen keuangan anda berkembang sangat pesat, jangan lupa berbagi dengan sesama, ya.

Baca Juga:  Cara download Apk kamera Tembus Pandang Pada Android

5. Menyisihkan Harta Untuk Sesama

Di bagian kelima ini, mungkin kurang cocok dengan manajemen keuangan cerdas yang sedang dibahas. Namun, tindakan memberi kepada sesama memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kondisi finansial anda. Tidak hanya itu, dengan memberi kepada sesama, anda juga akan mendapatkan umpan balik yang menguntungkan. Seperti kesehatan fisik, kewarasan, serta keberkahan pada usaha yang anda jalankan.

Kesimpulan

Manajemen keuangan yang cerdas sejatinya bukan untuk membuat anda semakin kaya atau menambah jumlah uang yang anda miliki. Hal tersebut adalah salah satu cara untuk melatih diri agar lebih bijaksana dalam memegang keuangan. Belajar mengelola uang mengajari anda untuk tidak boros dan juga tidak pelit. Di mana kedua hal tersebut adalah sifat negatif yang dapat menghancurkan kehidupan anda. Nah, demikian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.